Informasi Pendaftaran

A. Prosedur Pendaftaran

  1. Membayar biaya pendaftaran melalui sistem multi-payment Bank Mandiri, BNI, BRI, atau BTN.
  2. Pendaftaran calon mahasiswa program pascasarjana dilakukan secara online melalui laman um.ugm.ac.id
  3. Siapkan semua dokumen yang disyaratkan. Susulan dokumen setelah submit pendaftaran tidak akan diproses.
  4. Siapkan scan dokumen (ukuran minimal 50kb dan maksimal 200kb untuk masing-masing file; scan dokumen harus dapat dibaca dengan jelas guna keperluan verifikasi), diunggah pada saat mendaftar secara online
  5. No Dokumen Format
    1 Pas foto resmi terbaru, berpakaian formal dengan wajah meghadap kamera *.jpg
    2 Ijazah jenjang pendidikan terakhir yang sah dan legal *.pdf
    3 Transkrip akademik jenjang pendidikan terakhir yang sah dan legal *.pdf
    4 Sertifikat/bukti akreditasi program studi (akreditasi saat ini) jenjang pendidikan yang terakhir *.pdf
    5 Sertifikat Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) atau Tes Potensi Akademik (TPA) Bappenas yang masih berlaku*) *.pdf
    6 Sertifikat kemampuan Bahasa Inggris yang masih berlaku*). Sertifikat yang diakui adalah:
    • Academic English Proficiency Test (AcEPT) UGM, atau;
    • IELTS dari institusi yang diakui oleh IDP, atau;
    • TOEFL Internet-Based (IBT) dari institusi yang diakui oleh IIEF, atau;
    • TOEFL Institutional Testing Program (ITP) dari institusi yang diakui oleh IIEF
     
    *.pdf
    7 Rekomendasi dari 2 (dua) orang dosen yang bersangkutan pada waktu kuliah jenjang sebelumnya, diutamakan dosen pembimbing akademik. *.pdf
    8 Surat keterangan sehat dari dokter di puskesmas atau rumah sakit. *.pdf
    9 Syarat khusus:
    • Pelamar S2:
    Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program pascasarjana yang berisi alasan, harapan, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah. Proposal penelitian tesis/tulisan esai/syarat khusus lainnya yang dipersyaratkan oleh program studi tidak perlu diunggah tetapi dikirim langsung ke program studi tujuan dilengkapi dengan fotokopi bukti daftar.
    • ¬†Pelamar S3:
    Draft proposal disertasu (tidak perlu diunggah tetapi langsung dikirim/diserahkan ke prodi tujuan dilengkapi fotokopi bukti daftar).  
    *.pdf
    10 Surat ijin studi dari instansi bagi yang sudah bekerja *.pdf
    1. Cetak buktu pendaftaran saudara untuk keperluan registrasi apabila dinyatakan diterima sebagai calon mahasiswa program pascasarjana.
    *) masa berlaku sertifikat adalah 2 (dua) tahun dari tanggal diterbitkannya sertifikat

B. Jadwal Pendaftaran

Pendaftaran prodi S2 Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan dilakukan satu kali dalam setahun pada semester ganjil dengan jadwal dan tahapan sebagai berikut:
No Bulan Tahapan
1 Pembayaran biaya pendaftaran di Bank BNI, Mandiri, BRI, dan BTN April-Juni
2 Pendaftaran online di um.ugm.ac.id April-Juni
3 Penerimaan dokumen pendaftaran ke fakultas (berkas dibuat rangkap satu) April-Juni Jam kerja (cap pos)
4 Verfikasi dokumen oleh prodi Juni-Juli
5 Pengumuman hasil seleksi Juli
6 Mulai kegiatan akademik Agustus
Biaya pendidikan program studi S2 PSdK tahun akademik 2016/2017 adalah Rp. 8.500.000 per semester