Kelas Reguler

A. Sekilas Program

Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan Kelas Reguler menawarkan dua konsentrasi:

  • Kebijakan Sosial (Social Policy)

Konsentrasi ini membahas kebijakan sosial dari tataran perspektif teoritik hingga implementasi. Dengan demikian, dapat memberikan bekal kepada pihak-pihak yang terkait dalam proses perumusan kebijakan untuk menciptakan kebijakan sosial yang kontekstual dengan kondisi masyarakat Indonesia.

  • Pemberdayaan Masyarakat (community empowerment)

Konsentrasi ini membahas isu pemberdayaan masyarakat dari asal usul kelahirannya hingga pendekatan praksis implementasinya. Dengan pemahaman yang komperhensif, program yang bernuansa to help the people help themselves bukan sesuatu yang sulit untuk diciptakan.

B. Penyelenggaraan Program

Program ini dirancang selesai 3 (tiga) semester/ 18 bulan. Dua semester untuk pendalaman realitas masalah sosial, konsep, teori dan paradigma di bidang pembangunan sosial dan kesejahteraan, satu semester untuk pembimbingan dan penulisan tesis.

C. Deskripsi Mata Kuliah
  • Mata Kuliah Wajib
  1. Teori Perubahan Sosial dan Kesejahteraan (3 SKS, semester ganjil)
Mata kuliah ini akan membahas dan mendiskusikan teori-teori perubahan sosial dan isu kesejahteraan. Kondisi kesejahteraan masyarakat tidak dapat dilepaskan dari pilihan teori perubahan sosial yang mendasari perumusan kebijakan pembangunan. Pada umumnya orang memahami perubahan sosial sejajar dengan pembangunan karena pembangunan itu sendiri sering dimaknai sebagai proses dan usaha untuk meningkatkan kehidupan sosial, ekonomi, politik, budaya. Diskursus mengenai teori perubahan sosial merupakan kajian pemikiran yang menarik karena perubahan sosial mencakup aspek penjelasan teoritis yang lebih luas dari pada sekedar teori pembangunan itu sendiri. Semua bentuk perubahan sosial selalu mengarah pada tujuan yang lebih baik, meskipun realitas bisa saja berbeda tergantung dari cara pandang teoritiknya. Sekurang-kurangnya perubahan yang lebih baik itu diartikan pada  kondisi masyarakat sejahtera. Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa akan mampu menganalisis fenomena perubahan sosial yang terjadi di masyarakat, mulai dari teori perubahan secara evolusioner sampai dengan perubahan masyarakat yang direncanakan dalam konteks pembangunan, kaitannya dengan usaha pencapaian kesejahteraan. Dosen Pengampu: Prof. Dr. Susetiawan, S.U/ Dr. Suharko
  1. Metode Penelitian Kuantitatif (3 sks, semester ganjil)
Metode penelitian penting diketahui dan dikuasai oleh setiap orang yang akan melakukan kegiatan riset. Kemampuan itu menjadi salah satu kunci keberhasilan untuk memperoleh suatu produk ilmu pengetahuan yang dapat digunakan untuk kepentingan masyarakat. Dalam kuliah MPS ini peserta akan dibekali dengan pengetahuan tentang dua metode pokok dan untuk kepentingan tertentu relatif praktis, yakni penelitian survai. Metode ini biasanya banyak digunakan dalam rangka penyusunan kebijakan dan program pembangunan, terutama yang terkait dengan pengembangan masyarakat. Di samping pertemuan tatap muka di kelas, peserta diwajibkan untuk merancang proposal penelitian dalam bentuk kelompok dan kemudian dipresentasikan. Keaktifan dalam berdiskusi di kelas dan membaca literatur sangat dituntut agar dapat memahami mata kuliah ini dengan baik. Untuk evaluasi akhir diharapkan masing-masing peserta merancang proposal masing-masing , dikumpulkan sebulan sesudah tanggal ujian MPS ditetapkan. Dosen Pengampu: Prof. Dr. Phil. Janianton Damanik/ Dra. Susi Daryanti, M.Sc.
  1. Masalah-masalah Sosial (3 sks, semester ganjil)
Matakuliah ini membahas mengenai pengertian masalah sosial, langkah langkah dalam kajian masalah sosial serta berbagai perspektif yang digunakan untuk memahami dan menjelaskan masalah sosial sebagai salah satu realita sosial. Pemahaman tentang hal hal tersebut dapat meningkatkan kepekaan serta kemampuan dalam memahami dan menangani masalah sosial sejak identifikasi, diagnosis sampai membuat rekomendasi pemecahan masalah. Selain membutuhkan bekal teoretik, kepekaan dan kemampuan pemahaman dan penanganan masalah sosial juga membutuhkan bekal pengetahuan dan pengalaman empiric. Oleh sebab itu matakuliah ini juga membahas berbagai tema masalah social yang aktual secara kritis dan proporsional dengan memanfaatkan pemahaman tentang berbagai perspektif teoretik. Dosen Pengampu: Dr. Hempri Suyatna, S.Sos., M.Si. /Drs. Soetomo, M.Si. / Dra. Agnes Sunartiningsih, M.S.  
  1. Teori-teori Pembangunan (3 sks, semester genap)
Mata kuliah ini membahas tentang kerangka dasar teori pembangunan, isu dan masalah pembangunan yang  ditimbulkannya di negara-negara berkembang . Teori Pembangunan selalu menjadi ajang perdebatan sehingga memunculkan kritik yang menjadi landasan alternatif untuk mencari solusi atas gagalnya pembangunan. Dosen Pengampu: Drs. Hendrie Adji Kusworo, M.Sc., Ph.D/ Drs. Suparjan, M.Si.  
  1. Metode Penelitian Kualitatif (3 sks, semester genap)
Dalam khasanah pembelajaran tentang metode penelitian sosial, penelitian kualitatif merupakan salah satu perspektif di samping penelitian kuantitatif. Salah satu ciri yang menonjol dalam penelitian kualitatif adalah penekanan pada basis data verbal (hasil wawancara) dan visual (hasil observasi, dokumentasi, gambar/foto) yang berbeda dengan kuantitatif yang lebih menekankan pada data angka (analisis statistik). Di tengah dua kutup perbedaan paradigma positivistik-empiristik dengan humanistik-naturalistik, penelitian kualitatif  bisa dilakukan dalam kedua kerangka paradigma tersebut.  Proses pembelajaran dalam perkuliahan ini mencakup pemahaman tentang penelitian kualitatif dan langkah-langkah implementasinya. Dosen Pengampu: Prof. Dr. Susetiawan/Dr. Bambang Hudayana/Drs. Soetomo, M.Si.        
  1. Perbandingan Pembangunan Sosial (3 sks, semester genap)
Pendekatan pembangunan sosial lahir sebagai kritik atas pelbagai persoalan sosial yang muncul akibat dominasi pembangunan ekonomi yang berorientasi pada pertumbuhan. Angka-angka pertumbuhan ekonomi tidak mencerminkan kesejahteraan sosial secara menyeluruh. Oleh sebab itu, dibutuhkan pendekatan baru yang mampu mengintegrasikan pembangunan ekonomi dan pembangunan kesejahteraan sosial dalam satu kesatuan yang utuh. Pendekatan inilah yang dikenal dengan pembangunan sosial. Pembangunan Sosial adalah pendekatan pembangunan yang bertujuan meningkatkan kualitas kehidupan manusia secara paripurna; yakni memenuhi kebutuhan manusia yang terentang mulai dari kebutuhan fisik sampai sosial. Secara kontekstual pembangunan sosial lebih berorientasi pada prinsip keadilan sosial ketimbang pertumbuhan ekonomi. Beberapa program yang menjadi pusat pehatian pembangunan sosial mencakup pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, perumahan dan pengentasan kemiskinan.Implementasi pembangunan sosial dipengaruhi oleh corak sistem politik dan kemampuan keuangan suatu negara. Dalam mata kuliah ini, perbedaan implementasi pembangunan sosial di berbagai negara akan disajikan secara komprehensif. Dosen Pengampu: Prof. Dr. Budi Winarno/ Drs. Suparjan, M.Si
  1. Reading Course (3 sks, semester genap)
Proes pembelajaran dalam mata kuliah ini lebih banyak untuk memfasilitasi mahasiswa untuk fokus pada persoalan yang akan diangkat dalam penelitian. Oleh karena itu di dalam mata kuliah ini akan selalu diwarnai dengan diskusi – diskusi, sekaligus mendorong setiap mahasiswa untuk mencermati persoalan sosial yang menjadi interestnya. Inilah yang membedakan mata kuliah ini dengan mata kuliah yang lain. Di dalam mata kuliah ini mahasiswa dibagi dalam  kelas – kelas kecil yang memungkinkan untuk dapat berdiskusi secara intensif. Di dalam mata kuliah ini mahasiswa difasilitasi untuk melakukan diskusi baik pada level substantif maupun pada metodologis. Berangkat dari pengetahuan dan pengalaman masing – masing mahasiswa maka di dlam diskusi akan didapatkan banyak masukan dalam rangka mengembangkan substansi dan metodologi dari topik yang akan diangkat dalam penelitiannya. Dosen Pengampu: Prof. Dr. Phil. Janianton Damanik/ Dr. Tri Winarni, SP, S.U.
  1. Tesis (9 sks, semester genap)
 
  • Mata Kuliah Pilihan
  1. Perencanaan dan Kebijakan Sosial (3 sks, semester ganjil)
Mempelajari Kebijakan Sosial (Social Policy) sebagai sebuah disiplin ilmu yang berbeda dengan sosiologi, ekonomi, dan politik. Kebijakan sosial lebih dipahami sebagai bertemunya berbagai disiplin ilmu-disiplin ilmu tersebut (interdisciplinary field).  Disamping itu mempelajari kebijakan sosial  sebagai sebuah praktek sosial yang dilahirkan oleh para pembuat kebijakan yang memfokuskan pada proses perencanaan. Dosen Pengampu: Prof. Dr. Wahyudi Kumorotomo, M.P.P. / Nurhadi, Ph.D. / Danang Arif Darmawan, S.Sos., M.Si.
  1. Kapital dan Jaminan Sosial (3 sks, semester ganjil)
Mata kuliah ini membahas tentang fenomena kapital sosial dan jaminan sosial dalam konteks peningkatan kesejahteraan masyarakat. Pembahasan dilakukan pada level paradigmatic, teoritik, dan praksis dalam lingkup local, nasional maupun global. Pada paruh pertama perkuliahan, pembahasan akan ditekankan pada konsep dan praksis capital social dan relevansinya untuk pembangunan Indonesia. Teori, metode dan praksis capital social akan dikaji untuk memberikan bekal kepada mahasiswa menganalisis fenomena kapital sosial dan upaya pemanfaatannya dalam pembangunan melalui multi-stakeholder, yaitu negara, swasta dan masyarakat. Pada paruh kedua perkuliahan, pembahasana kuliah ditekankan pada konsep-konsep  maupun praktek-praktek  jaminan social yang berlangsung dinegara maju maupun Negara berkembang. Ditambah pula dengan referensi tentang hasil-hasil penelitian tentang jaminan social, diharapkan dapat membantu mahasiswa dapat menemukan pola ataupun model tentang pengelolaan jaminan social. Secara keseluruhan kuliah capital dan jaminan social diharapkan dapat memberikan bekal  pengetahuan yang memadai bagi mahasiswa dalam menganalisis  capital dan jaminan social yang ada dan dibutuhkan masyarakat. Dosen Pengampu: Prof. Dr. Sunyoto Usman / Dr.. S. Djuni Prihatin, M.Si.    
  1. Negara, Pasar, dan Kesejahteraan Sosial (3 sks, semester ganjil)
Matakuliah ini menyajikan perkembangan kapitalisme, bagaimana posisi peran Negara dan pasar dalam konstruksi kesejahteraan masyarakat. Aspek historis perkembangan kapitalisme sampai dengan kapitalisme modern akan disampaikan dalam matakuliah ini. Bagaimana demokrasi dalam sebuah system politik Negara memberikan control terhadap peran Negara dan pasar dalam perkembangan kapitalisme manjadi bagian penting untuk disampaikan. Kuliah ini akan diakhiri dengan pemikiran alternatif, adakah konstruksi kesejahteraan masyarakat yang lebih baik dari pada konstruksi kapitalisme di negara-negara yang sedang membangun? Dosen Pengampu: Prof. Dr. Heru Nugroho/Dr. Tri Winarni, SP., S.U../ Drs. Djoko Suseno, S.U.  
  1. Kapita Selekta Kesejahteraan Sosial (3 sks, semester ganjil)
 
  1. Kemiskinan dan Pemberdayaan Masyarakat (3 sks, semester genap)
Mata kuliah ini akan dimulai dengan konsep tentang kemiskinan, bentuk-bentuk kemiskinan, dan kebijakan-kebijakan anti kemiskinan. Selain itu, akan dikupas pula latar belakang munculnya istilah empowerment dan konsepsi dasar tentang empowerment, masyarakat sipil sebagai basis dari pemberdayaan, serta  beberapa teknik dalam strategi pemberdayaan masyarakat. Akhirnya, oleh karena pemberdayaan masyarakat terkait dengan kebijakan pemerintah, maka mahasiswa akan dibekali strategi untuk mempengaruhi kebijakan dalam kerangka advokasi kebijakan publik. Dosen Pengampu: Dr. Hempri Suyatna, dan Dr. Krisdyatmiko, S.Sos., M.Si.dan Dra. Agnes Sunartiningsih, M.S.  
  1. Organisasi Masyarakat dan Pembangunan Sosial (3 sks, semester genap)
Mata kuliah ini bertujuan untuk memfasilitasi pemahaman dan analisis tentang ragam, kinerja dan pemberdayaan organisasi pelayanan kesejahteraan sosial, serta konteks makro struktural dan kebijakan yang mendukung atau sebaliknya menghambat perkembangan, peran dan efektifitasnya. Metode pembelajaran yang dipilih adalah metode ‘partisipatif’. Para peserta kuliah diminta untuk secara aktif mengemukakan gagasan dan menceritakan pengalaman yang relevan dalam bentuk diskusi kelas, sehingga terjadi proses pertukaran dan pengkayaan ide dan pengalaman secara bersama-sama. Penilaian didasarkan pada akumulasi dari ujian tulis, penulisan paper, presensi dan keaktifan dalam kegiatan kelas. Dosen Pengampu: Prof. Dr. Susetiawan S.U.   dan Drs. Hendrie Adji Kusworo, M.Sc., Ph.D.  
  1. CSR dan Pembangunan Sosial (3 sks, semester genap)
Mata kuliah ini membahas mengenai perkembangan CSR sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap masyarakat dan lingkungannya, sejak awal hingga perkembangan terakhir. Berbagai macam fenomena tentang pelaksanaan CSR juga menjadi bagian yang didiskusikan dalam mata kuliah ini. Dalam perkembangannya, praktek kegiatan CSR antar negara ternyata menunjukkan pengalaman yang berbeda, demikian halnya dengan bentuk campur tangan negara dalam kegiatan CSR juga cukup variatif. Untuk mengkerangkai pemahaman dan analisis CSR, mata kuliah ini juga mendiskusikan tentang konsep dan teori CSR. Melalui bekal pemahaman teoritik mahasiswa akan mempunyai bekal yang cukup untuk melakukan analsisi tentang CSR. Sedangkan secara global, mata kuliah ini juga membahas mengenai relasi antara perusahaan, kesejahteraan masyarakat dan kelestarian lingkungan yang pada saat ini sedang hangat dibicarakan seperti isu tentang global warming, climate change, dsb. Sedangkan pada tataran teknis mata kuliah ini juga mendiskusikan beberapa model dan strategi pembangunan masyarakat yang tidak dapat dilepaskan dari kegiatan CSR. Dosen Pengampu: Nurhadi, S.Sos., M.Si., Ph.D.,  Danang Arif Darmawan, S.Sos., M.Si.