Profil Departemen Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan UGM

Deskripsi Departemen

Departemen Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan merupakan perubahan nama dari Departemen Ilmu Sosiatri yang berdiri sejak Juli tahun 1957 berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 1957. Merujuk pada SK Rektor UGM Nomor 10/P/SK/HT/2010, secara resmi nama Jurusan Ilmu Sosiatri berubah menjadi Jurusan Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan. Seiring dengan kebijakan Struktur Organisasi dan Tata Kelola (SOTK) Fakultas di lingkungan Universitas Gadjah Mada yang tertuang dalam Peraturan Rektor Nomor 809/P/SK/HT/2015, maka Jurusan Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan (PSdK) berubah namanya menjadi Departemen PSdK. Departemen ini mengelola Tiga Unit yang terdiri dari Program Studi S1 PSdK, Pogram Studi S2 PSdK dan Pusat Kajian yang diberi nama Social Development Studies Centre” (SODEC).

VISI

Menjadi institusi yang mempunyai keunggulan di bidang pendidikan dan penelitian tentang fenomena pembangunan sosial dan kesejahteraan serta pemecahan masalah sosial

MISI

  1. Mengembangkan proses pendidikan yang menempatkan mahasiswa sebagai pusat pembelajaran (student centered learning) untuk menghasilkan lulusan yang kompetitif, memiliki komitmen terhadap pemecahan masalah-masalah sosial, mempunyai kapasitas intelektual dalam melakukan analisis dan penelitian sosial, serta mampu menyesuaikan diri dengan perubahan sosial.
  2. Mengembangkan lembaga pendidikan yang dipercaya dalam pengembangan masyarakat,  menyelesaikan masalah sosial melalui penelitian akademik dan advokasi, diseminasi wacana bidang kebijakan sosial, pemberdayaan masyarakat,  tanggung jawab sosial perusahaan serta pengabdian pada masyarakat yang menempatkan masyarakat sebagai pusat perubahan sosial untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan berkelanjutan.

Fokus Bidang Kajian

Prodi S1 dan S2 Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan memiliki tiga fokus kajian yang dibangun sebagai hasil refleksi dari perubahan sosial yang terjadi di Indonesia, yakni:

  1. Kebijakan Sosial (Social Policy); fokus pada kajian tentang upaya negara dalam pemecahan masalah sosial baik aspek preventif maupun pengembangannya melalui pelayanan kesejahteraan sosial.
  2. Pemberdayaan Masyarakat (Community Empowerment); fokus pada elaborasi konsep dan pendekatan yang bertujuan untuk mengembangkan kapasitas masyarakat agar  mandiri dan berkelanjutan  dalam mengelola lembaga, sumber daya dan potensi lokal.
  3. Tanggungjawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility); sebagai respon atas berkembangnya komitmen swasta untuk terlibat aktif dalam menciptakan kesejahteraan masyarakat. Fokus pada tata kelola CSR yang mampu menjembatani kepentingan perusahaan dan masyarakat, analisis berbasis ilmu dalam menjelaskan CSR untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. 
 

Program Studi S1

Program Studi Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan (PSdK) merupakan studi yang mempelajari pembangunan dengan menekankan bagaimana tujuan sosial itu tercapai dalam pembangunan. Keseimbangan antara tujuan ekonomi dan sosial dalam proses pembangunan merupakan kondisi masyarakat sejahtera yang didambakan oleh setiap masyarakat. Selengkapnya

 

Program Studi S2

Program Studi Pascasarjana Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan (PSdK) merupakan pengembangan Prodi Sosiologi minat khusus Kebijakan dan Kesejahteraan Sosial (KKS) yang mulai diselenggarakan tahun 2002. Program Studi S2 PSdK Berdiri dengan SK Rektor No. 474/P/SK/HT/2009 tentang pembukaan Prodi S2 PSdK. Sebelum berubah menjadi Prodi PSdK, Prodi Sosiologi minat khusus KKS telah berlangsung selama 17 angkatan dan meluluskan dari 300 orang Sarjana Strata 2.

Isu Utama yang melatarbelakangi lahirnya prodi PSdK adalah kritik terhadap dominasi pembangunan ekonomi. Berbagai masalah sosial seperti : ketimpangan, kemiskinan, dan ketidakadilan justru muncul di tengah pembangunan yang berorientasi pertumbuhan ekonomi. Oleh sebab itu, PSdK bertujuan untuk mendorong terciptanya  keseimbangan  antara pembangunan ekonomi di satu pihak dan pembangunan sosial di pihak lain. Selengkapnya

 

Social Development Studies Centre (SODEC)

Social Development Studies Centre (SODEC) merupakan pusat kajian di Departemen Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM. Social Development Studies Centre (SODEC) berdiri berdasarkan ketentuan peralihan peraturan Dekan FISIPOL UGM No. 1692/JO1.SP/SL/4/III/2016 tentang pusat kajian di lingkungan FISIPOL UGM. Social Development Studies Centre (SODEC) melakukan berbagai aktivitas yakni penelitian, pengabdian, publikasi dan pelatihan. Departemen Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan (PSdK) yakni Kebijakan Sosial (Social Policy), Pemberdayaan Masyarakat (Community Empowerment), dan Tanggungjawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responbility). Selengkapnya