Kapstra (menuju) Kerja Nyata #2 : “Upgrade Your CV and Interview. Level Up Your Value”

Oleh: KAPSTRA FISIPOL UGM

Yogyakarta, 2 Oktober 2021 – Kementerian Hubungan Masyarakat dari Keluarga Mahasiswa Departemen Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan (KAPSTRA) telah melaksanakan kegiatan webinar dengan nama KKN (KAPSTRA (menuju) Kerja Nyata) yang dilaksanakan pada Sabtu (2/10). Acara yang mengusung tema Upgrade Your CV and Interview Level Up Your Value ini dilaksanakan secara online dan menghadirkan Inaulia Sekar Rarastiti selaku CEO of AIDE CONSULTANT sebagai pembicara. Acara dimoderatori oleh salah satu mahasiswa PSdK yaitu Benedicta Nadine . 

Sesi Sambutan

Webinar KAPSTRA (menuju) Kerja Nyata dihadiri oleh 35 mahasiswa PSdK dan Zita Wahyu Larasati, S.Sos, M.A. sebagai dosen pendamping KAPSTRA. Dalam sambutannya, Zita menyampaikan pentingnya materi yang diberikan dalam acara ini. Melalui acara ini Zita berharap peserta mendapatkan bekal untuk mempersiapkan diri memasuki dunia kerja. Untuk itu peserta Webinar diharapkan dapat menyimak penjelasan dengan saksama dan aktif bertanya agar memperoleh informasi lebih mendalam mengenai materi yang dipaparkan, yaitu cara menyusun curriculum vitae (CV) dan menjawab pertanyaan interview dengan baik.

Pemaparan Materi
Pemaparan Materi

Memasuki inti acara, Inaulia Sekar Rarastiti memberikan penjelasan awal mengenai proses seleksi pekerjaan yang terdiri dari beberapa tahap. Inaulia menjabarkan mengenai langkah pembuatan CV serta aspek apa saja yang dilihat oleh recruiter. Hal ini penting untuk diperhatikan mengingat CV merupakan bekal awal untuk mendaftar pekerjaan. Inaulia menegaskan bahwa CV yang baik dibuat sesuai dengan kebutuhan perusahaan, karenanya kita tidak dapat menggunakan satu CV yang sama untuk melamar pekerjaan yang berbeda. Tidak ada aturan baku dalam menyusun CV. Akan tetapi, CV disusun guna memenuhi kebutuhan recruiter. Selain itu, lebih baik CV tidak disertakan foto sehingga recruiter akan lebih objektif dengan hanya melihat skill dan achievement pelamar. Inaulia mengatakan bahwa kita harus selalu memperbaharui CV dan skill yang dimiliki. 

Pemaparan Materi

Setelah pemaparan CV, Inaulia menjelaskan mengenai persiapan pertama untuk mengikuti wawancara kerja, yaitu mental. Cara membangun mental wawancara adalah dengan cara berlatih secara intensif satu minggu sebelum wawancara. Latihan dapat dilakukan dengan mencoba menjawab pertanyaan yang masuk akal hingga pertanyaan tidak masuk akal. Fungsi latihan ini adalah untuk mengantisipasi pertanyaan spontan yang diberikan oleh recruiter. Latihan ini juga bertujuan untuk melatih intonasi ketika menjawab pertanyaan sehingga memberi kesan menyakinkan.

Kegiatan webinar ini diakhiri dengan tiga pertanyaan dari Septian, Haqiqi, dan Salma, dilanjutkan  penyerahan sertifikat kenang-kenangan kepada Inaulia yang didampingi oleh Sifra Prilideo sebagai penanggung jawab kegiatan, dan sesi dokumentasi sebagai penutup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Lainnya

advanced divider
Categories