Rangkaian Workshop Prodi Magister PSdK di Semester Gasal 2023/2024

Di semester gasal tahun akademik 2023/2024 ini, Prodi Magister PSdK kembali mengadakan beberapa workshop peningkatan kapasitas mahasiswa. Ada tiga tema yang diangkat, yaitu penulisan artikel jurnal ilmiah, big data, dan softskill.

 

Workshop Penulisan Artikel Jurnal Ilmiah Prodi Magister PSdK [20 Oktober 2023]

Prodi Magister PSdK memfasilitasi mahasiswa angkatan 2023 untuk meningkatkan keterampilannya dalam menulis artikel jurnal ilmiah. Melalui workshop yang diisi oleh Dr. Carol Chan, antropolog dan asisten professor di Society and Health Research Center, Universidad Mayor, Chile, mahasiswa banyak berdiskusi mengenai teknis penulisan mulai dari nol hingga bisa menerbitkannya di jurnal ilmiah. Kegiatan ini diselenggarakan pada Jumat, 20 Oktober 2023 pukul 08.00 sampai 09.45 WIB di ruang BA 103 Fisipol UGM.

Workshop Big Data Prodi Magister PSdK [10 November 2023]

Untuk memberikan pemahaman mendalam tentang penggunaan metode penelitian sosial berbasis Big Data, Prodi Magister PSdK menyelenggarakan Workshop Big Data yang diisi oleh Dr. Novi Kurnia, M.Si., M.A. (Departemen Ilmu Komunikasi UGM). Peserta belajar tentang konsep, alat, teknik analisis, dan tantangan yang terkait dengan penelitian sosial menggunakan Big Data. Selain itu, workshop ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta dalam merencanakan, melaksanakan, dan menginterpretasikan penelitian berbasis Big Data. Workshop digelar pada Jumat, 10 November 2023 pukul 09.00 sampai 11.30 WIB di ruang BA 207 Fisipol UGM. Untuk menambah kedalaman pengetahuan dan kemampuan praktis mahasiswa dalam menggunakan big data, Prodi Magister PSdK akan menyelenggarakan workshop serupa di semester genap tahun 2024.

Workshop Softskill Mahasiswa Magister PSdK [17 November 2023]

Pola pikir menjadi hal yang paling menentukan agar kita adaptable.” Kutipan tersebut mengawali Workshop Softskill yang digelar Prodi Magister PSdK Fisipol UGM untuk mahasiswa angkatan 2023 pada Jumat, 17 November 2023 pukul 08.00 sampai 11.30 WIB. Workshop ini diisi oleh Dina Wahida, S.Psi., M.Psi., Psikolog dari CDC Fisipol UGM dan diselenggarakan di ruang BA 207 Fisipol UGM. Tujuan workshop ini adalah untuk membantu mahasiswa mengenali diri dan mengatur waktu serta emosinya dalam menghadapi perkuliahan sehingga dapat mengurangi potensi keterlambatan mahasiswa untuk lulus tepat waktu.

Leave a Comment