GRAND FINAL ESSAY COMPETITION PRAKARSA UGM 2021

Oleh: KAPSTRA FISIPOL UGM

PRAKARSA UGM yang merupakan sebuah event tahunan bagi mahasiswa Indonesia kembali diselenggarakan oleh Keluarga Mahasiswa Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan (KAPSTRA) serta Departemen Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan (PSdK) Fisipol UGM. Tahun ini PRAKARSA mengusung tema “Gemerlap Budaya, Rajut Keberagaman Nusantara” dan diselenggarakan secara virtual pada 17-19 Desember 2021. Selama tiga hari kegiatan, peserta PRAKARSA melaksanakan berbagai rangkaian acara meliputi Opening Ceremony, Webinar, Pameran Karya Virtual, Essay Competition, dan Closing Ceremony. Essay Competition yang digelar tahun ini mengangkat tema “Keberagaman di Era Disrupsi”. Sebagai kegiatan inti dari PRAKARSA UGM 2021, kompetisi ini bertujuan untuk membuka ruang berekspresi bagi para penggerak isu keberagaman, sehingga dapat menciptakan ekosistem diskursus akademik bagi civitas akademika di Indonesia pada umumnya. Essay Competition PRAKARSA diikuti oleh mahasiswa program Sarjana dan Diploma dari seluruh Indonesia dengan format individu serta tim berisi maksimal dua anggota. Karya yang dinilai dalam kompetisi ini adalah esai dan infografis.

Essay Competition PRAKARSA UGM 2021 terdiri dari tiga tahap seleksi dengan menggunakan sistem gugur, yaitu tahap Screening Plagiarism, Penyisihan, dan Grand Final. Screening Plagiarism menjadi tahap seleksi yang paling awal dilaksanakan sebagai wujud komitmen civitas akademika UGM untuk memerangi segala bentuk plagiasi. Karya peserta yang tidak memenuhi kriteria similarity index maksimal 20% akan langsung didiskualifikasi. Selanjutnya peserta yang lolos Screening Plagiarism akan mengikuti tahap Penyisihan. Pada tahap ini karya peserta akan dinilai oleh masing-masing dewan juri dengan berbagai indikator yang telah ditetapkan. Lima peserta dengan nilai tertinggi kemudian akan bersaing pada tahap Grand Final.

Pembukaan oleh Sekretaris Prodi S1 PSdK

Grand Final merupakan tahap terakhir yang akan menentukan tiga juara utama dalam Essay Competition PRAKARSA. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 18 Desember 2021 secara virtual melalui platform Zoom Meeting dan YouTube Live. Peserta pada Grand Final adalah lima peserta dengan nilai tertinggi yang telah lolos dari tahap Screening Plagiarism dan Penyisihan.Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Program Studi S1 Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan bapak Baharuddin S.Sos.,M.Sc.P.hD. Pada tahap Grand Final, kelima tim diwajibkan untuk mempresentasikan karya esai dan infografis masing-masing di depan dewan juri sesuai nomor urut yang telah ditentukan. Masing-masing tim melakukan presentasi secara berurutan dengan batasan waktu 10 menit. Presentasi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Pada sesi ini, setiap tim akan melakukan tanya jawab selama 10 menit dengan dewan juri mengenai materi yang telah disampaikan saat presentasi. Dewan juri yang menilai seluruh rangkaian kegiatan essay competition PRAKARSA ini merupakan dosen PSdK Fisipol UGM antara lain Rezaldi Alief Pramadha, S.E., M.S.S. dan Kafa Abdallah Kafaa, S.Sos., M.A.

Grand Final Essay Competition PRAKARSA menggunakan sistem akumulasi nilai, dimana nilai akhir didapatkan dari akumulasi nilai tahap seleksi karya (Screening Plagiarism dan Penyisihan) dan grand final dari seluruh dewan juri. Tahap seleksi karya memiliki bobot sebesar 25% dengan nilai maksimal 200 untuk seluruh juri, sedangkan presentasi memiliki bobot 75% dengan nilai maksimal 300 untuk masing-masing dewan juri yang berjumlah dua orang. Maka, nilai maksimal yang dapat diraih oleh sebuah tim adalah 800 poin. Dengan pembobotan tersebut, nilai dari masing-masing tim dapat diakumulasi dan diranking. Poin tertinggi diraih oleh tim Universitas Gadjah Mada B, diikuti Universitas Gadjah Mada G, PKN STAN, Universitas Airlangga A, serta Universitas Brawijaya. 

Presentasi Peserta
Tanya Jawab dengan Dewan Juri

Dengan demikian, juara pertama Essay Competition PRAKARSA 2021 adalah tim UGM B dengan ketua kelompok Medaneo Wahyu Putra Wibowo, juara kedua diraih oleh tim UGM G (individu) atas nama Josef Christofer Benedict, serta juara ketiga diraih oleh tim PKN STAN (individu) atas nama Maghastria Assiddiq. Pengumuman juara I, II, dan III serta Awarding dilaksanakan dalam rangkaian acara Closing Ceremony PRAKARSA UGM 2021 pada tanggal 19 Desember 2021 secara virtual melalui platform Zoom Meeting dan live streaming YouTube. Tiga peserta dengan nilai terbaik berhak mendapatkan penghargaan dengan rincian sebagai berikut:

1. Juara I: Merch + Sertifikat + Uang Pembinaan (Rp 1.000.000)

2. Juara II: Merch + Sertifikat + Uang Pembinaan (Rp 750.000)

3. Juara III: Merch + Sertifikat + Uang Pembinaan (Rp 500.000) 

Foto Bersama Peserta dan Dewan Juri Grand Final

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Lainnya

advanced divider
Categories