Pola Perilaku Konsumsi Produk Ekonomi Kreatif pada Wisatawan Milenial di Era Inovasi dan Revitalisasi Produk Wisata Budaya sebagai Strategi Distribusi Hasil Pariwisata bagi Masyarakat di Destinasi Danau Toba

Ketua Peneliti Prof. Dr. Janianton Damanik, M.Si.
Anggota Peneliti Ambar Widaningrum

2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan daya tarik destinasi melalui inovasi dan revitalisasi produk wisata budaya. Produk akhir wisata budaya tidak bertahan lama (perishable), sehingga perlu inovasi dan revitalisasi. Intervensi cerdas ini akan meningkatkan daya saing destinasi. Daya saing tinggi berkorelasi positif dengan besarnya jumlah wisatawan. Jumlah wisatawan yang meningkat berdampak langsung pada pertambahan aktivitas ekonomi lokal. Pada akhirnya dampak langsung positif itu menjadi garansi bagi kesejahteraan masyarakat. Tujuan itu dicapai melalui tiga fase. Tahun pertama ditargetkan untuk menyediakan sumberdaya yang bermanfaat, berupa dinamika produk, pasar, dan kapasitas kelembagaan wisata budaya. Target tahun kedua adalah penelitian bermutu yang dibuktikan melalui pembuatan dan uji-coba inovasi yang kompatibel dengan kapasitas masyarakat dan permintaan wisatawan. Target ketiga adalah penerapan inovasi dan revitalisasi produk wisata budaya secara konsisten sehingga menjadi media redistribusi hasil pariwisata bagi kesejahteraan masyarakat. Hasil ini sangat relevan sekaligus responsif terhadap masalah yang dihadapi bangsa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya

advanced divider
Kategori