PSdK Berqurban 2022

Yogyakarta, 11 Juli 2022 – Divisi KAPSTRA Foundation (Kafound) dari Keluarga Mahasiswa Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan (KAPSTRA) telah melangsungkan kegiatan PSdK Berqurban pada hari Senin pukul 09.00 WIB hingga 14.30 WIB (11/07). Kegiatan yang dilaksanakan secara luring ini berlangsung di Panti Asuhan Cipto Siswoyo, Turi, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kegiatan ini diikuti dengan pemberian donasi uang tunai serta sembako dari hasil penggalangan dana yang telah diadakan sebelumnya. Peserta yang turut meramaikan rangkaian kegiatan ini adalah sebagian mahasiswa PSdK yang berasal dari angkatan 2020 dan 2021.

Pada kurban tahun ini, Kafound memfasilitasi tiga penyembelihan domba kurban dengan berat berkisar 27-35 kg. Jumlah domba yang disembelih adalah tiga ekor, dengan shohibul kurban atas nama Vandy Yoga Swara sebesar Rp. 3.000.000,00; Intan Kurniasari sebesar Rp. 3.000.000,00; dan keluarga Agus Riyanto sejumlah Rp. 2.500.000,00.  Domba diperoleh dari peternak lokal yang berhubungan dekat dengan pengurus serta anak-anak panti asuhan Cipto Siswoyo. Alasan Kafound bermitra dengan Panti Asuhan Cipto Siswoyo dalam memfasilitasi kurban Idul Adha adalah panti tersebut masih sederhana dan belum memiliki donatur tetap. Panti tersebut merupakan kediaman kurang lebih 15 anak laki-laki yatim piatu dan setiap harinya operasional panti hanya mengandalkan hasil ternak ayam petelur yang dilakukan pemilik panti serta anak-anak panti yang telah remaja. Oleh karena itu, Panti Asuhan Cipto Siswoyo benar-benar membutuhkan uluran tangan dari seluruh pihak, salah satunya Kafound.

Kafound bersama panitia PSdK Berqurban memulai perjalanan dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL) pukul 08.15 WIB. Sesampainya di Panti Asuhan Cipto Siswoyo, para pengurus dan anak-anak panti telah siap menunggu untuk pelaksanaan kurban. Penyembelihan domba dilakukan pada pukul 10.00 WIB dan dipimpin oleh salah satu ustaz setempat dan dibantu oleh pengurus serta anak-anak panti asuhan. Setelah domba disembelih dan dikuliti, panitia PSdK Berqurban juga turut mengolah sebagian kecil daging qurban tersebut untuk makan bersama. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan serah terima donasi berupa sembako dan kebutuhan sehari-hari senilai Rp1.302.500,00 beserta uang tunai sebesar Rp2.175.000,00 Donasi tersebut merupakan akumulasi dari donasi PSdK Berqurban selama periode 7 Juni hingga 6 Juli 2022 yang telah meraih angka sebesar Rp. 3.868.000,00. Sementara itu sejumlah uang sebesar Rp390.500,00 menjadi biaya akomodasi untuk menunjang pelaksanaan PSdK Berqurban.

PSdK berqurban telah menjadi momen untuk mengenali dan menerapkan filantropi sosial secara langsung. Terima kasih tidak lupa diucapkan bagi para panitia yang bersedia meluangkan waktunya, bagi shohibul kurban yang telah memberi Kafound amanah, serta para donatur yang berkenan menyisihkan sebagian rezeki bagi anak-anak Panti Asuhan Cipto Siswoyo. PSdK Berqurban diharapkan dapat selalu hadir setiap tahunnya, memberikan kebermanfaatan bagi sesama dan sebagai bentuk rasa peduli terhadap sesama.

 

Penulis : Kausalia Zahra Indira, Khairunnisa Dita Aulia, Latifah Nurul Aisyah (Staf Kafound)

Penyunting: Raden Roro Seraphine Kalista Drupadi (Sekretaris KAPSTRA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Lainnya

advanced divider
Categories