We Care, We Do: Aksi Tanggap Lingkungan dan Pembuatan Ecobrick Bersama KAPSTRA dan Gardu Action

Yogyakarta, 21 Juli 2022 – Keluarga Mahasiswa Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan (KAPSTRA) menyelenggarakan kegiatan Aksi Tanggap Lingkungan: Produksi Ecobrick Bersama Gardu Action pada Kamis (21/07) dalam rangka memperingati Dies Natalis PSdK ke-65 dan Health Promoting University (HPU) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL) Universitas Gadjah Mada (UGM). Aksi tanggap lingkungan ini bekerja sama dengan Komunitas Buku Berbagi dan Gardu Action yang terletak di Pesisir Pantai Parangkusumo Yogyakarta dengan diikuti oleh 46 mahasiswa FISIPOL UGM.

Aksi Tanggap Lingkungan: Produksi Ecobrick Bersama Gardu Action ini merupakan wujud kepedulian mahasiswa terhadap permasalahan sampah yang masih terus terjadi. Peran aktif mahasiswa dapat dilakukan dengan berbagai langkah kecil, mulai dari pengumpulan, pewadahan, pemilihan, dan mendaur ulang sampah. Kegiatan diawali dengan giat bersih Pantai Parangkusumo. Peserta terbagi ke dalam beberapa kelompok dan mengumpulkan sampah yang berserakan di pesisir pantai selama kurang lebih satu jam. Setelah melakukan giat bersih pantai, peserta kembali ke Gardu Action untuk mempersiapkan produksi ecobrick dari sampah yang telah mereka kumpulkan. 

Produksi ecobrick dimulai dengan pemaparan mengenai pengelolaan sampah plastik dari pihak Gardu Action, Ardha Kesuma. Ecobrick sendiri merupakan blok bangunan yang dapat digunakan kembali dari botol plastik yang diisi padat oleh limbah anorganik. Selanjutnya, Ardha juga menjelaskan cara untuk membuat ecobrick sembari peserta mengikuti langkah-langkah pembuatannya bersama dengan adik-adik yang tinggal di sekitar Gardu Action. Setelah selesai membuat ecobrick, peserta juga dapat membawa pulang botol mereka agar dapat diisi oleh sampah plastik yang ada di sekitar rumah. 

Sebelum kegiatan ditutup, panitia mengadakan games edukasi kepada peserta yang bertujuan untuk melihat sejauh mana kepedulian mereka terhadap lingkungan dan pengelolaan sampah setelah mengikuti kegiatan ini. Aksi Tanggap Lingkungan: Produksi Ecobrick Bersama Gardu Action ini diharapkan dapat menjadi langkah awal bagi mahasiswa maupun masyarakat untuk lebih memperhatikan dan menjaga kebersihan lingkungan.. 

 

Penulis: Mega Mutiara Ekasari (Wakil Ketua KAPSTRA)

Penyunting: Raden Roro Seraphine Kalista Drupadi (Sekretaris KAPSTRA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Lainnya

advanced divider
Categories