Ken Retno Budipratiwi (Alumni S2 PSdK-2013): Minat terhadap CSR Sejak Kuliah Mengantarkannya menjadi Community Development Officer

Salah satu fokus kajian pada program Magister PSdK FISIPOL UGM yaitu Corporate Social Responsibility (CSR). Tentunya pengelolaan CSR saat ini berkembang dengan pesat dan membutuhkan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi dalam pengelolaannya, salah satunya melalui Community Development Officer (CDO). Ken Retno Budipratiwi atau biasa dipanggil Ken, merupakan alumni Magister PSdK yang saat ini berkarier sebagai CDO di salah satu industri hulu migas Kota Tarakan, Kalimantan Utara.

Menurutnya bekerja sebagai CDO tidak semudah yang dibayangkan. Kecakapan komunikasi, kepekaan membaca fenomena di masyarakat, dan bekal pengelolaan program CSR yang baik menjadi beberapa hal yang harus dimiliki seorang CDO. Sebab, keseharian CDO nantinya akan banyak berperan untuk mengelola program tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR, mulai dari perencanaan, implementasi, hingga monitoring dan evaluasi. CSR yang erat hubungannya dengan aktor eksternal perusahaan juga menjadi tugas lain CDO untuk menjamin hubungan kemitraan yang baik dengan berbagai pihak. Yang tidak kalah penting selain urusan hubungan dengan masyarakat, Ken juga seringkali bertugas dalam menyiapkan materi untuk publikasi akademis di ranah internasional dan nasional maupun ajang penilaian tingkat nasional seperti PROPER dan Indonesia CSR Awards.

Semasa kuliah, menurutnya tugas yang diberikan oleh dosen ternyata sangat membantu dalam pekerjaan sehari-harinya, terutama saat diberikan mandat menyiapkan materi publikasi akademis seperti konferensi nasional dan internasional. Dari awal kuliah, Ken sangat tertarik dengan topik CSR sehingga menurutnya kegiatan di luar kuliah seperti menjadi asisten peneliti riset pemetaan sosial ataupun penilai dokumen PROPER sangat mendukung bekal kariernya saat ini.

Proses pengerjaan tugas akhir merupakan suatu tahapan perkuliahan yang tidak bisa dilupakan olehnya. Melakukan penelitian di Kediri yang sangat jauh dari tempat tinggalnya menjadi tantangan tersendiri. Namun semua itu terbayar sudah saat resmi menyandang gelar Master of Arts (M.A) dan berkarier sesuai dengan minat selama kuliah.

Ken berpesan kepada mahasiswa yang saat ini masih terus berjuang untuk menyelesaikan studi, menurutnya kemampuan menjalin komunikasi yang baik menjadi bekal utama yang harus dimiliki oleh setiap orang saat ini, terutama mahasiswa PSdK yang dari kuliah hingga berkarier nanti pasti berhubungan dengan masyarakat.

“Menjalin komunikasi dan menjaga hubungan baik. Termasuk kemampuan riset seperti pemetaan sosial, Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM), dan lain sebagainya. Jadi riset gak cuma saat tesis saja. Kerasa banget, sih, kalo sudah beberapa kali, atau bahkan terbiasa riset jadi lebih peka dengan isu sosial di sekitar dan berpikir lebih kritis.” pungkas Ken.

Penulis: M. Farid Budiono
Proofreader: Nanda Widyasari

Leave a Comment

Berita Lainnya

advanced divider
Kategori