Achmad Ramali (Alumni S2 PSdK-2018): Berkarier dan Mengabdikan Diri sebagai Aparatur Sipil Negara

Achmad Ramali alumni Magister PSdK FISIPOL UGM angkatan 2018 yang saat ini bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kecamatan Kelay, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Saat ini, Ramali—begitu beliau dipanggil, bertugas sebagai analis pemberdayaan masyarakat di instansi tempatnya bekerja. Sebagai analis pemberdayaan masyarakat, kesehariannya bertugas secara khusus melakukan analisa, perencanaan, dan melaksanakan program pemberdayaan masyarakat termasuk mendampingi desa dalam pengelolaan keuangan desa. 

Ramali bercerita betapa berharganya ilmu semasa kuliah dulu. Tugas utama sebagai analis pemberdayaan masyarakat ini tentunya sangat erat kaitannya dengan kegiatan lapangan yang menuntut kepekaan sosial untuk bisa mengetahui potensi dan masalah yang dialami masyarakat. Mengikuti penelitian pemetaan sosial semasa kuliah menjadi bekal berharga untuk memperkuat bekal teoritik untuk upaya praktik saat bekerja. 

Selain itu, menurutnya kegiatan Creativity Hub (C-HUB) FISIPOL UGM menjadi ruang lain di luar kelas yang sangat bermanfaat untuk menambah pengalaman dan jaringan. Turut aktif mengikuti kegiatan C-HUB semasa kuliah dahulu, bagi Ramali berguna untuk mempelajari pengetahuan yang beragam, terutama melatih kreativitas.

Ramali menyampaikan pesan kepada mahasiswa Magister PSdK untuk terus berjuang menyelesaikan studinya sebagai persiapan karier ke depannya. Menurutnya penting sekali mengasah kemampuan intrapersonal. “Dengan kemampuan intrapersonal yang baik kita dapat memahami diri kita termasuk memotivasi diri kita sendiri untuk terus maju.” pesan Ramali.

Penulis: M. Farid Budiono
Proofreader: Nanda Widyasari

Leave a Comment

Berita Lainnya

advanced divider
Kategori