Kelas Design Comeback #1 “In Figma: Upgrade Yourself Through Creative Skill”

Pada Sabtu (29/10) Divisi Media dan Informasi KAPSTRA menyelenggarakan Kelas Design Comeback #1 dengan tema “In Figma: Upgrade Yourself Through Creative Skill” bersama Muhammad Fianggoro yang merupakan seorang Graphic Designer dan Content Creator dan dipandu oleh Ahmartha Thahtha Bhitha (PSdK 2021) sebagai moderator. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting dengan dihadiri oleh 35 peserta. Peserta tersebut tidak hanya berasal dari civitas akademik Universitas Gadjah Mada, melainkan juga masyarakat umum.

Kelas Design Comeback #1 merupakan kegiatan webinar bertajuk edukasi desain kreatif dengan memaparkan salah satu topik atau isu yang diangkat sebagaimana respons masyarakat untuk menghadapi perkembangan zaman go-digital. Tujuan dari kegiatan ini sendiri adalah untuk memfasilitasi masyarakat umum untuk mempelajari hal seputar desain. Oleh karena itu, peserta yang mengikuti kegiatan ini harapannya dapat lebih teredukasi mengenai dunia perdesainan, khususnya dalam mengoptimalkan aplikasi Figma.

Dalam pelaksanaannya, Kelas Design Comeback terbagi dalam beberapa susunan acara, yaitu pembukaan, pengenalan pembicara oleh moderator, tanya jawab, foto bersama, dan penutup. Pembukaan kegiatan ini diawali dengan pengenalan tema kegiatan dan disusul oleh sambutan dari Gloria Evanda Fiko (PSdK 2020) selaku Ketua KAPSTRA Tahun 2022. Dalam sambutannya, Gloria menyampaikan “… terima kasih untuk mas Onggo dapat membagi ilmunya sehingga nantinya harapannya dapat bermanfaat, ilmu, dan kelebihan pada teman-teman semua. Semoga kelas desain hari ini dapat memberikan manfaat pada kita semua”.

Setelah sesi pembukaan berakhir, berikutnya kegiatan dilanjutkan dengan pengenalan pembicara oleh moderator. Sesi pengenalan dilakukan dalam waktu singkat untuk mengenalkan Mas Fianggoro kepada peserta dan kemudian langsung dilanjutkan dengan sesi pemaparan materi oleh pembicara. Materi yang disampaikan oleh Mas Fianggoro secara garis besar adalah mengenai desain dan Figma yang sesuai dengan tema. Namun, dalam penyampaiannya, Mas Fianggoro membagi materi tersebut menjadi 3 subtema, yaitu basic knowledge dalam dunia kreatif dan desain, training dan tips terkait FIGMA, dan terakhir mengenai boundaries dalam dunia kreatif dan desain. 

Dalam sesi pembukaan, Mas Onggo memiliki prinsip pembicaraan yang sifatnya dua arah, walaupun sudah malang melintang sebagai pembicara. Menurut penyampaiannya, Mas Onggo berpendapat “… Jadi buat temen-temen, intinya sesi ini dua arah dan siapapun teman-teman bisa banget untuk berpendapat atau menyela … Aku bukan lulusan DKV, aku lulusan Geografi yang notabene tidak relatenya. Jadikan ini sebagai skill untuk compatible atau berkompetisi dan kolaborasi entah dari mana background teman-teman”.  Secara umum, Mas Onggo menyampaikan pentingnya menerapkan peran penting IKIGAI dan Self-Eficacy di dalam implementasi creative design, baik itu sebagai pemula maupun tim profesional kreatif agar dapat menunjukkan (show up) kepada siapapun agar kepercayaan tersebut dapat tumbuh secara kemampuan.

Selanjutnya, Mas Onggo melakukan Figma live practice bersama peserta webinar Kelas Design Comeback #1 dengan menyebar workspace tim bersama yang kolaboratif dan dapat digunakan untuk mengerjakan desain dalam waktu yang bersamaan. “Di Figma itu ada 2 jenis project atau file yang teman-teman bikin, pertama new design file -design and prototype- smaa new figjam file. Untuk brainstorming new figjam file, untuk seneng-seneng doang itu bisa menggunakan new design file”. Kemudian, Mas Onggo mengajak peserta webinar dalam menggunakan Figma untuk mengoperasionalkan shape, tape, dan text sebagai pengantar awal-mula sebagai pemula. Setelah hal itu, Mas Onggo berbagi workspace team dan menyampaikan bahwa “… Coba mungkin teman-teman bisa buka link ini, dan join disini. Terus bisa join bareng aku disini dan mengedit bareng aku”. 

Setelah sesi pemaparan materi dan tanya jawab interaktif selesai, moderator kemudian memimpin sesi penyerahan sertifikat dan foto bersama dengan Mas Fianggoro. Terdapat tiga pertanyaan dari peserta partisipan Webinar Kelas Design Comeback #1 yang mengulas tentang bagaimana memulai design creative sebagai pemula, terlebih lagi perkembangan serta optimalisasi aplikasi dengan bertanggung jawab (tanpa mencomot karya orisinil dari orang lain). Proses bertanggung jawab tersebut disampaikan oleh Mas Onggo sebagaimana “ … Walaupun emang gampang sih aslinya ngambil karya orang, tanpa ketahuan pun juga bisa. Tapi takutnya ada yang mempermasalahkan …, manfaatin semua yang ada dan be wise ”. Pentingnya mempelajari responsibility design ditujukan untuk mampu mengontrol seseorang, khususnya mengikuti perkembangan desain yang semakin lama semakin pesat. 

Dengan berakhirnya sesi penyerahan sertifikat dan foto bersama, maka Kelas Design Comeback #1 juga sudah tiba di penghujung acara. Walaupun hanya dapat dilaksanakan dalam waktu singkat, kegiatan ini dapat terlaksana dengan seru dan menarik. Peserta pun dengan aktif berpartisipasi selama kegiatan. Dengan demikian, harapannya kegiatan ini dapat membawa manfaat bagi peserta yang sudah berpartisipasi secara aktif dan antusias. 

Siaran ulang dari Kelas Design Comeback #1 dapat ditonton di melalui link berikut ini. https://www.youtube.com/watch?v=XVpIwW3tZ5Q&t=3150s

Penulis : Ahmartha Thahtha Bhitha (Staf Divisi Media dan Informasi KAPSTRA)

Penyunting : Muhamad Ilham Hanif (Sekretaris KAPSTRA)

Leave a Comment

Name * id="author" name="author" type="text" value="" size="30" maxlength="245" aria-required='true' required='required' />

Comment *id="comment" name="comment" cols="45" rows="8" maxlength="65525" aria-required="true" required="required">

Berita Lainnya

advanced divider
Categories